ALAT
INPUT
Alat
input adalah alat yang digunakan untuk menerima input. Input adalah energi yang
dimasukkan ke dalam suatu sistem. Dalam sistem komputer, input dapat berupa :
·
Signal Input, yaitu
data yang dimasukkan ke sistem komputer
·
Maintenance Input, yaitu
program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan
Beberapa
alat input mempunyai fungsi ganda, yaitu sebagai alat input sendiri dan sebagai
alat output untuk menampilkan hasil. Alat input/output demikian disebut dengan terminal.
Bila
terminal dihubungkan dengan pusat komputer yang letaknya jauh dari terminal
melalui alat komunikasi, maka disebut dengan Remote Job Entry Terminal
(RJE Terminal)
Terminal
dapat digolongkan menjadi :
1.
Non Intelligent Terminal (Dumb
Terminal)
Terbatas hanya berfungsi sebagai alat pemasukan input
dan menampilkan output saja. Terminal seperti ini tidak bisa
diprogram karena tidak mempunyai processor
2. Smart Terminal
Mempunyai
suatu microprocessor dan beberapa internal memory di dalamnya. Input yang sudah
dimasukkan dapat dikoreksi kembali. Smart terminal tidak dapat diprogram oleh
pemakai komputer
3. Intelligent
Terminal
Disebut
juga dengan nama logic terminal karena dapat diprogram oleh pemakai
komputer. Intelligent terminal juga mempunyai microprocessor dan internal memory
di dalamnya. Input dapat dimasukkan dan dapat dikoreksi serta dikirimkan ke
pusat komputer bila dihubungkan dengan pusat komputer untuk diproses.
Intelligent
terminal biasanya digunakan untuk sistem komputer yang berbentuk jaringan kerja
(network), yaitu beberapa terminal di hubungkan ke pusat komputer yang berupa
CPU yang lebih besar.Inteligent terminal biasanya terdiri dari keyboard, visual
display, internal memory dan simpanan luar berupa mini disk.
ALAT INPUT
LANGSUNG
Yaitu
input yang dimasukkan langsung diproses oleh CPU, tanpa lewat suatu media
lainnya, sehingga memungkinkan interaksi langsung antara pemakai dengan sistem
komputer.
1. Keyboard
Adalah
alat input yang paling umum dan banyak digunakan. Input dimasukkan ke alat
proses dengan cara mengetikkan lewat penekanan tombol.
Keyboard
sebagai alat input langsung biasanya didampingi dengan suatu tampilan yang akan
menampilkan apa yang ditekan. Keyboard dengan display ini merupakan suatu
terminal.
Beberapa
alat input langsung yang menggunakan keyboard untuk memasukkan input secara
langsung adalah :
·
Teleprinter Terminal (line terminal)
Terdiri dari keyboard dan tampilan berupa alat cetak.
Input dimasukkan dengan menekan tombol-tombol kunci yang ada di keyboard dan
apa yang ditekan tercetak dilayar berbentuk kertas. Input
yang dimasukkan akan langsung dikirim dan diproses oleh alat proses
·
Financial Transaction Terminal
Digunakan
untuk transaksi yang berhubungan dengan keuangan. Salah satu contohnya adalah
ATM (Automated Teller Machine). ATM digunakan oleh bank yang melayani
transaksi keuangan 24 jam. Dengan memasukkan kartu pengenal bank yang berisi
nomer rekening nasabah ke dalam ATM diikuti dengan penekanan tombol tertentu di
keyboard, komputer secara langsung akan melaksanakan transaksi tersebut.
·
Point-of-Sale Terminal (POST)
Biasanya
digunakan di supermarket. Alat ini terdiri dari keyboard untuk memasukkan data
barang yang dijual dan display untuk menampilkan data transaksi dan alat cetak
untuk mencetak tanda terima untuk pembeli.
POS
terminal dihunbungkan dengan komputer dengan tujuan pengendalian persediaan
barang dan penjadwalam pemesanan kembali barang yang akan dipesan.
Alat-alat
tambahan yang dipasang pada POS terminal :
§
OCR (Optical Character
Recognition) tag reader, yang digunakan untuk membaca label di barang
§
Bar Code Wand, yang digunakan
untuk membaca label barang yang berbentuk kode batang
·
Visual Display Terminal
Digunakan
untuk memasukkan input langsung ke alat proses. Visual Display Terminal disebut
juga CRT (Cathode Ray Tube) terminal karena menggunakan bahan sinar
tabung katoda.
2. Pointing Device
Untuk
keperluan tertentu, misalnya pembuatan grafik atau gambar.
·
Mouse
Pointing
device yang digunakan untuk mengatur posisi cursor di layar. Dengan menggeser
mouse di bidang yang datar, cursor di layar akan bergeser sesuai dengan arah
dari pergeseran mouse.
Mouse
pertama kali dikembangkan oleh Doug Engelbart di Stanford Research Institute
sekitar tahun 1960, yang kemudian diterapkan pada komputer Xerox Star. Tahun
1982, Apple memperkenalkan produknya dengan nama AppleLisa.
- Touch Screen
Adalah
layar monitor yang akan mengaktifkan program bila bagian tertentu di layar
disentuh dengan tangan. Misalnya, layar menampilkan beberapa pilihan untuk
dipilih, Anda dapat menyentuhnya dengan tangan.
·
LightPen
Alat
ini memungkinkan Anda untuk mengatur suatu titik dilayar dan komputer akan
membaca lokasi tersebut. Dengan lightpen, posisi sentuhan di layar akan lebih
tepat dan teliti. Teknologi ini banyak digunakan untuk membuat grafik dan
gambar di dalam perencanaan dengan bantuan komputer (Computer Aided Design –
CAD)
·
Digitizer Graphic Tablet
Alat
ini memungkinkan Anda untuk membuat grafik atau gambar dengan cara
menghubungkan dua buah titik di graphic tablet dengan menggunakan alat
menyerupai pen, selanjutnya hasil dari grafik akan tampak di layar.
3. Scanner
Alat
input berupa scanner bekerja dengan cara meraba secara elektronik input yang
akan dibaca. Alat input scanner dapat berupa :
·
Magnetic Ink Character Recogninition (MICR)
MICR
reader banyak digunakan di bank-bank untuk transaksi cek. Bank memproses cek
yag ditulis dengan tinta magnetik pada bagian bawah dari cek dengan alat MICR.
Nomer
di cek yang menunjukkan kode bank serta nomer rekening nasabah bank dicetak
langsung dengan tinta magnetik. Nilai cek yang dikeluarkan kemudian dituliskan
pada tempat berikutnya.
Pembaca
MICR membaca karakter yang ditulis dengan tinta magnetik tersebut dan komputer
akan langsung melakukan transaksi debit atau kredit terhadap nomer rekening
nasabah secara otomatis. Jumlah karakter yang ditulis hanya 14 macam.
·
Optical Data Reader
Alat
ini mempunyai kemampuan untuk membaca data langsung dari kertas biasa tanpa
menggunakan tinta magnetik khusus, dapat berupa :
·
Optical Character
Recognition (OCR) reader
Bentuk
karakter yang paling populer adalah OCR A yang dikembangkan oleh Business
Equipment Manufacturers Association (BEMA). Bentuk karakter lain yang dapat
dibaca adalah OCR B dan OCR E.
OCR
E mempunyai bentuk yang sama dengan bentuk karakter pada MICR. OCR reader dapat
membaca dokumen yang ditulis dengan tangan. OCR reader secara optik meraba
masing-masing karakter yang dibaca dan dibandingkan dengan bentuk karakter yang
disimpan di memory OCR berdasarkan gelap dan terangnya karakter tersebut. Teks
yang dibaca langsung dapat dihubungkan dengan program pengolah kata,
spreadsheet dan database.
·
OCR tag reader
Banyak
digunakan di toko-toko untuk membaca label data barang yang dijual dan dicetak
dengan bentuk karakter OCR. OCR tag reader dilekatkan pada POS terminal yang
dihubungkan dengan pusat komputer.
·
Bar Code Wand
Alat
tambahan lain yang dilekatkan di POS terminal untuk membaca label data barang
dagangan yang dicetak dalam bentuk kode batang (bar code). Kode batang
yang banyak digunakan adalah sistem Universal Product Code (UPC).
UPC
menggunakan 10 kode digit yang terdiri dari 5 digit pertama menunjukkan
identitas pabrik dan 5 digit berikutnya menunjukkan kode barang dan ukurannya.
Informasi
mengenai harga pokok barang, harga jual, potongan penjualan dan sebagainya
tersimpan disimpanan luar komputer pusat.
·
Optical Mark Recognizition (OMR) reader
Banyak
digunakan untuk penilaian test. Jawaban dari test yang diberikan dijawab
dikertas mark sense form dengan menandai tempat jawaban menggunakan
pensil hitam (umumnya jenis 2B).
4. Sensor
Merupakan
alat yang mampu secara langsung menangkap data kejadian fisik. Data analog
dikumpulkan oleh alat sensor yang dimasukkan ke pengubah analog-to-digital
converter yang berikutnya akan diproses oleh komputer.
Pada
misi ruang angkasa Voyager ke Jupiter dan Saturnus, pesawat ruang angkasa
mempunyai beberapa kamera televisi dan beberapa sensor yang mengumpulkan data
di planet tersebut.
Komputer
di pesawat ruang angkasa mengirimkan banyangan yang ditangkap oleh kamera ke
dalam bentuk signal digital yang dipancarkan ke bumi. Stasiun bumi menangkap
sinyal digital tersebut dan meneruskannya ke komputer di Jet Propulsion
Laboratory di Southern California . Sinyal
digital tersebut kemudian diproses lebih lanjut dan dirubah kembali ke dalam
bentuk gambar.
·
Digitizing Camera
Alat
ini memungkinkan untuk manangkap obyek gambar seperti foto, dokumen, atau obyek
tiga dimensi yang akan ditampilkan ke layar komputer untuk diproses lebih
lanjut.
Layar
peraga komputer harus khusus, yaitu yang mempunyai resolusi yang tinggi.
5. Voice Recognizer
Disebut
juga speech recognizer membuat komputer mengerti omongan manusia. Alat ini
menggunakan microphone untuk menangkap suara input. Tidak semua suara manusia
bisa dimengerti oleh komputer.
Orang
yang menggunakan komputer ini harus melatih komputernya terlebih dahulu supaya
dapat mengenal bentuk suaranya. Latihan ini bisa berupa mengucapkan huruf-huruf
atau kata-kata berulangsebanyak enam atau tujuh kali. Huruf dan kata tersebut
akan dirubah ke dalam bentuk digital dan disimpan sebagai data di disk yang
merupakan kamus dari komputer .
Jika
huruf atau kata tersebut diucapkan maka komputer akan mencocokkan dengan bentuk
suara yang sudah pernah direkam di disk. Jika tidak bisa ditemukan di disk,
maka komputer tidak akan mengerti apa yang dimaksud.
Mengenal
kalimat masih merupakan hal yang sulit sehingga alat ini juga disebut dengan
nama dicrete word recognizer, karena kata-kata yang diucapkan harus
diberi sela waktu yang cukup.
ALAT MASUKAN
TIDAK LANGSUNG
Memasukkan
input secara tidak langsung berarti data yang dimasukkan tidak langsung
diproses oleh CPU, tetapi direkamkan terlebih dahulu ke suatu media machine
readable form yang berbentuk simpanan luar.\
1. Key-to-Card
Salah
satu alat memasukkan data yang paling tua adalah key punch atau
key-to-Card. Alat ini memungkinkan operator memasukkan data yang akan
dipindahkan terlebih dahulu ke dalam bentuk media punched card (kartu
plong). Kumpulan kartu plong selanjutnya dapat
2. Key-to-Tape
Alat
ini memungkinkan operator untuk merekamkan data ke media simpanan luar pita
magnetik terlebih dahulu sebelum diproseskan ke CPU. Data yang tersimpan di
pita magnetik nantinya bila akan diproseskan ke CPU dapat dibacakan ke komputer
lewat alat pembaca pita magnetik.
3. Key-to-Disk
Alat
ini memungkinkan operator untuk merekamkan data terlebih dahulu ke media
simpanan luar, dalam hal ini adalah disk magnetik, umumnya dalam bentuk disket.
Data yang tersimpan di disket kemudian dapat dibacakan ke komputer untuk
diproses oleh CPU melalui disk drive.
0 komentar:
Posting Komentar